Monday, October 18, 2010

Macam – macam Pupuk Majemuk dan Kegunaannya

Variasi analisis pupuk majemuk sangat banyak . Meskipun demikian perbedaan variasinya bisa jadi sangat kecil , misalnya NPK 15:15:15 dan NPK 16:16:16. Berikut ini gambaran fungsi beberapa jenis analisis pupuk majemuk.
Variasi analisis, seperti 15:15:15 , 16:16:16, dan 20:20:20 menunjukkan ketersediaan unsur hara yang seimbang. Fungsi pupuk majemuk dengan variasi analisis seperti ini antara lain mempercepat perkembangan bibit, sebagai pupuk awal penanaman, dan sebagai pupuk susulan saat tanaman memasuki fase generatif, seperti saat mulai berbunga atau berbuah.

Dalam memilih pupuk majemuk perlu dipertimbangkan beberapa faktor , antara lain kandungan unsur hara yang tinggi, kandungan unsur hara mikro, kualitas pupuk, dan harga per kilogramnya. Contoh cara mempertimbangkan pemilihan pupuk majemuk , variasi analisis pupuk NPK 20:20:20 memiliki kandungan unsur hara yang lebih tinggi daripada NPK 15:15:15, tetapi sifatnya sangat higroskopis sehingga mudah sekali menggumpal sehingga pupuk tidak mudah terserap.
Pupuk majemuk dengan analisis 15.5.29 atau 24.6.12 memiliki kandungan nitrogen yang cukup untuk kebutuhan tanaman dan kandungan phosphor untuk merangsang pertumbuhan akar, tetapi tidak cukup untuk meningkatkan kandungan P di dalam tanah.
Kandungan kalium yang tinggi membuat tanaman menjadi lebih tegar, lebih tahan terhadap serangan penyakit, dan tahan kekeringan. Analisis seperti ini biasa digunakan sebagai pupuk susulan untuk tanaman yang daunnya bernilai ekonomis tinggi.
Pupuk majemuk dengan analisis 6.30.30 atau 10.45.12 dapat dijadikan sebagai pupuk awal untuk memecu perkembangan bibit dan sebagai pupuk susulan untuk tanaman buah dan bunga yang akan memasuki fase generatif.
Kandungan P dan K yang tinggi dan N yang rendah dapat merangsang pembentukan bunga dan meningkatkan kualitas buah.
Sebagai pupuk susulan selama fase vegetatif analisis yang digunakan 25.7.7. atau 24.8.8. Pupuk ini sangat baik digunakan pada tanah dengan kandungan P dan K yang tinggi.

Jika informasi ini bermanfaat sebarkan keteman-teman melalui icon dibawah.

No comments:

Post a Comment